Minggu, 10 April 2011

Buah Delima Mampu Atasi Cacingan


Tanaman buah banyak macamnya, dari yang manis sampai yang asam. Meskipun banyak yang sudah tidak bisa kita jumpai pohonnya. Namun tidaklah sulit untuk mendapatkan buahnya, karena banyak tersedia di supermarket. Kita mengkonsumsi buah tentu dengan tujuan ingin sehat. Karena setiap buah mempunyai kandungan gizi masing-masing. Seperti pada buah delima, buah yang sudah jarang kita temui ini juga multi khasiat.
Buah delima dapat dimakan segar atau dibuat jus. Tak hanya dimakan, buah delima juga menjadi salah satu bahan campuran dalam upacara ‘rujakan’, pada upacara kehamilan di Jawa. Komposisi kandungan gizi buah delima adalah 78g air, 1,6g protein, 0,1g lemak, 14,5g karbohidrat, 5,1g serat dan 0,7g mineral. Buah delima juga bisa digunakan sebagai bahan obat tradisional. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, kulit batang, kulit buah, daun dan buah mentah juga dapat digunakan. Buahnya dapat membersihkan lambung, bunga delima dapat mengobati radang gusi, perdarahan dan bronchitis. Daging delima dapat digunakan sebagai penurun berat badan, sariawan, tekanan darah tinggir, rematik dan perut kembung. Biji delima dapat digunakan sebagai obat penurun demam, batuk, keracunan dan cacingan.
Sifat kelat yang terdapat pada bagian kulit tersebut yang banyak mengandung tannin. Rasa sepat yang dirasakan saat mengkonsumsi delima merupakan adanya kandungan tannin, yang merupakan senyawa polifenol. Kandungan tannin tertinggi ada pada kulit akar (28%), tetapi kulit buahnya yang kering juga mengandung banyak tannin (26%). Selain itu, kulit buah delima bisa digunakan sebagai zat pewarna kuning, karena ada kandungan galatonat. Bisa digunakan sebagai tinta dan juga untuk pewarna kain. Kulit kering delima bisa juga digunakan sebagai obat kumur. Di Asia, kulit cabang dan akarnya dikenal sebagai obat mujarab untuk penyakit cacing pita dan cacing-cacing lainnya yang berada didalam usus. Sifat kelat dari kulit buah, kulit daun dan buah mentah dimanfaatkan dalam bentuk godokan untuk mengobati diare dan disentri.
Ditinjau dari segi rasa, buah delima memiliki rasa manis yang bersifat panas dan lembab. Air dari buah delima bisa memberikan asupan gizi bagi tubuh. Karena itulah, delima bisa juga membentu meningkatkan stamina tubuh kita. Tapi sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang mengalami demam. Maka untuk menjaga kesehatan tubuh anda, sering-seringlah mengkonsumsi buah delima.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar