Selasa, 31 Agustus 2010

Ketenangan Hidup Berawal Dari Hidup Sehat

Kesadaran manusia akan pentingnya kesehatan mulai bangkit seiring bergulirnya isu back to nature, mengkonsumsi makanan organik. Tapi tahukah anda, kesehatan tubuh tidak hanya tergantung pada apa yang kita makan lewat mulut. Karena disadari atau tidak, yang perlu diberi santapan tidak hanya jasmani tapi juga rohani. Untuk mencapai ketenangan hidup perlu keseimbangan tak hanya fisik tapi juga batin. Memutuskan hidup dengan makanan vegetarian juga tak sepenuhnya benar karena banyak sayur mayur mengandung pestisida. Gaya hidup sehat tergantung pada kesadaran diri seseorang, tapi diharapkan juga lingkungan mendukung.
Gaya hidup sehat dengan cara alami mungkin seperti mimpi, ditengah kondisi lingkungan yang mulai tercemar dan semua serba praktis. Tapi tidak menurut Dr. Somvir, seorang praktisi kesehatan ayurweda yang juga ketua Bali-India Foundation yang berpusat di Denpasar. Menurutnya, pertama-tama wajib kita ketahui arti dari sehat itu sendiri. Untuk menjadi sehat tidak hanya memerlukan makanan yang lewat mulut karena manusia sendiri mempunyai 9 pintu dalam tubuh. Tujuh pintu di tubuh bagian atas yang berfungsi sebagai pintu yang menerima ‘makanan’ dan dua pintu di tubuh bagian bawah sebagai pintu pembuangan. Dua mata, dua telinga, dua lubang hidung dan mulut adalah ‘pintu’ tubuh bagian atas, sedangkan alat kelamin (maaf) dan anus adalah ‘pintu’ tubuh bagian bawah.
Jelas disini, tidak hanya mulut yang perlu santapan, tapi mata, hidung dan telinga juga perlu ’makanan yang bergizi’. Seperti melihat hal-hal yang baik-baik, mendengar yang positif dan menghirup udara yang sehat. Jika semua pintu mendapatkan santapan yang sehat, otomatis tubuh dengan sendirinya akan menjadi sehat dan pikiran menjadi tenang. Akibatnya, tingkah laku kita sehari-hari juga positif dan terkontrol.
Karena mereka hanya menginginkan kecantikan sempurna dalam waktu singkat. Tapi mereka juga tidak tahu apa dampak negative yang bisa dihasilkan dari pola hidup seperti itu. Ingin cantik dengan operasi plastic, menguruskan badan dengan operasi dandiet obat-obatan hanya akan membuat seseorang cantik selama lima thun saja. Setelah itu, mereka baru menyadari jika kondisi badan sudah memburuk dan terlambat untuk memperbaikinya lagi.
Banyak cara untuk tetap dapat tampil cantik dan sehat secara alami. Salah satunya  adalah kembali hidup bersahabat dengan alam atau istilah sekarang vegetarian, tidak mengkonsumsi daging dan olahannya sama sekali. Apa yang kita makan seperti itu juga bau tubuh, bentuk tubuh, tingkah laku bahkan sorot mata yang kita tampilkan. Jika kita makan daging, sorot mata sangat tajam, awas seperti hendak menerkam tingkah laku puntak jauh dari sifat binatang yang kita konsumsi.
Tapi untuk menjadi vegetarian pun harus hati-hati mengingat belakangan ini pestisida yang digunakan sudah melampaui ambang batas kewajaran. Sehingga pencanangan pemerintah kembali ke organik, harusnya bukan isapan jempol belaka. Jangan hanya pihak swasta yang berjuang sendiri mengubah dan membimbing petani untuk bercocok tanam dengan pupuk dan pestisida organic. Permainan tengkulak yang membuat harga sayuran organic juga merugikan petani. Bagaimana Negara akan sejahtera jika petani sulit mendapatkan makanan yang layak untuk keluarganya.
Tak hanya dari makanan saja yang perlu kita jaga, tapi juga kebiasaan hidup sehari-hari. Janganlah merusaksistem alam yang sudah diatur Yang Maha Kuasa, tidurlah maksimal jam 10 malam dan bangunlah jam 4 pagi sebelum matahari terbit. Udara pagi yang bersih dan sinar matahari yang masih lembut bisa membuat badan menjadi segar, mata sehat, hidung sehat, pendengaran sehat niscaya seharian kita bekerja tidak akan merasakan lelah.
Setiap bangun pagi, usahakan melakukan meditasi dan yoga tidak usah lama-lama cukup 30 menit saja. Udara segar yang kita hirup mengalir dalam darah dan ikut membersihkan darah. Pikiran jadi tenang, kita bisa selalu berpikiran positif sepanjang hari dan kita bisa membuat orang-orang disekitar kita merasakan aura posiif yang memancar dari tubuh kita. Pola tidur teratur, pola makan terjaga dan tingkah laku positif akan membuat seseorang menjadi positif juga. Hal ini akan berlangsung lama jika seseorang konsisten dengan sikapnya.
Jika satu orang yang rajin melakukan meditasi dan yoga setiap hari dapat memancarkan aura positif hingga radius 100 meter. Bayangkan jika ada 1000 saja manusia yang melakukan hal yang sama setiap hari? Hasilnya tentu akan sangat mempengaruhi lingkungan dimana kita tinggal dan berkativitas. Orang-orang sekitar akan ikut tertular sikap positif, tidak ada dengki, iri, kesombongan sehingga lingkungan juga akan menjadi sehat.
Petani dapat bercocok tanam dengan gembira, pemerintah dapat bekerja dengan baik dan membuat kebijakan yang berguna bagi masyarakat banyak,a nak-anak generasi penerus sekolah dengan baik dan menjadi cendekia sehingga bisa merubah kondisi bangsa yang sudah carut masut seperti sekrang ini. "Alhasil dunia yang kita tempati pun merasa nyaman dan akan memberikan timbale balik yang sama untuk manusianya,"pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar