Kamis, 05 Mei 2011

Limbah Cangkang Kerang Jadi Aksesoris Cantik


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari sampah tanpa banyak bicara. Jangan hanya menjadi wacana bebaskan sampah dari lingkungan sekitar kita. Kepedulian pada penanggulangan menumpuknya limbah tak perlu dilakukan instansi, perorangan pun nyatanya bisa mengolah limbah menjadi barang jadi. Dengan inisiatif dan daya kreatifitas, limbah pun bisa menjadi barang berharga dengan nilai tinggi.

Seperti yang dilakukan I Made Kanan Jaya, pria yang jengah melihat banyaknya tumpukan sampah kerang disepanjang pantai Serangan. Daerah yang setiap hari dilalui, dikunjungi dan memberikan banyak pemasukan karena tak sedikit turis yang berkunjung dan menikmati indahnya pantai Serangan. Pantai yang terkenal dengan melimpahnya hasil laut termasuk aneka jenis kerang ini menyebabkan limbah-limbah kulit kerang berserakan disepanjang pantai. Muncullah ide untuk mengolah limbah cangkang kerang menjadi barang yang bernilai. Hasilnya, sebut Kanan Jaya, ada berupa kalung, gelang, cincin, bros hingga hiasan dinding seperti topeng, ikan, bebek, kucing dan penyu juga mangkok hias, piring hias dan kotak perhiasan.



Sejak tahun 2007 hingga sekarang telah banyak hasil kreasi yang dinikmati masyarakat, bahkan hingga diekspor ke luar negeri. Kalimantan hingga Jepang dan Yunani mengorder dalam jumlah banyak untuk kreasi kulit kerang bikinan King Saguna Jaya, kelompok pembuat kerajinan ini. Bersama 14 orang anggota kelompok pengrajin yang masih bekerja skala home industry, Kanan Jaya menyelesaikan setiap pesanan yang masuk tanpa kecuali. Masyarakat yang tertarik, ungkap Kanan Jaya, bisa memesan sesuai dengan selera mereka atau sesuai dengan contoh kerajinan yang dipajang di artshop kami. Masing-masing anggota kelompok yang tersebar diberi kepercayaan untuk mengembangkan kreasi sendiri sesuai dengan kesukaan namun jika ada orderan, bersama-sama mereka menyelesaikan dalam waktu singkat.


Kegiatan bersih lingkungan ini tak hanya memberikan keuntugan tersendiri bagi alam sekitar yang menjadi bersih, tapi juga memberikan lapangan pekerjaan bagi beberapa masyarakat sekitar Serangan. Meskipun kegiatan ini dikerjakan dengan menggunakan mesin manual dan ketrampilan tangan tapi hasilnya tak kalah menarik. Terbukti, Sea Sell Crafting King Saguna Jaya Collection ini sering keluar masuk pameran dan menerima undangan untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat lain. Dan mempunyai tempat khusus di Pasar Sengol Grand Hyatt Bali untuk membuka artshop dan memajang hasil karya Ayu N Bagas Collection ini. Kalimantan dan sebentar lagi Makasar melirik kerajinan ini sebagai pangsa pasar menguntungkan dan mereka mengundang Kanan Jaya dan kelompoknya untuk memberikan pelatihan. Hal ini karena dua daerah tersebut juga kaya dengan hasil laut yang melimpah dan ingin mengolah limbah tersebut sehingga bisa menghasilkan uang.

Semua sampah cangkang kerang setelah dicuci sampai bersih dan hilang aroma amisnya kemudian dicacah dengan mesin, dihaluskan dan diberi pewarna kemudian dibentuk sesuai dengan produk apa yang akan dibuat. Peralatan yang canggih, ungkap Kanan Jaya, merupakan sumbangan dari Dinas Kelautan yang turut peduli dengan kegiatan pengolahan limbah cangkakng kerang ini. “Sehingga pekerjaan menjadi ringan dan cepat bisa menyelesaikan orderan,”bebernya. Kedepannya harapan dari Kanan Jaya dan kelompok pengrajinnya adalah mengajukan proposal kepada Dinas Perindustrian untuk lebih mengembangkan usaha ini agar lebih maju. Dan juga menjadikan kerajinan home industry ini agar terpusat menjadi satu tempat, pun dengan artshopnya. “Sehingga jika ada tamu yang datang bisa langsung melihat dan memesan baik sesuai keinginan mereka maupun melihat contoh kreasi yang lain. Namun ini masih digodog karena melibatkan tanah desa,”pungkas Kanan Jaya.

3 komentar:

  1. mbak,,
    bisa gak berbagi ilmu tentng pembuatan aksesoris dari limbah kerang??

    BalasHapus
  2. Cream Penghilang tattoo Sulam alis /bibir Permanent.
    Cream Penghapus tinta tattoo permanent ini membantu menggangkat tinta tinta pada alis yang ingin anda hilangkan.

    Cream Penghapus Sulam ALis Permanent.
    Bahan Herbal Resep dari Dokter Kulit , Cepat Meresap tanpa menimbulkan iritasi pada kulit
    Cream Tersebut mampu memudarkan Sulam alis Tattoo Di area wajah.

    Ramuan Cream Penghapus Sulam Alis ini berkerja bertahap untuk proses Pengangkatan tinta tattoo pada alis, jadi tidak akan merusak kulit , jika anda pemakaiannya Rutin Sulam alis anda Akan Hilang Total dan anda dapat membaharui sulam alis anda yang baru.
    HUB AMBAR WIJAYA.081382474900 / 081224623525
    PIN BBM,2A71C0DD / 5179BFFB
    LIHAT WEB KAMI.
    www.caramenghilangkansulam.com /www.ambarshops.blogsport.com

    BalasHapus